Selain memecahkan rekor MURI dengan menjelajahi perairan lingkar dalam kawasan Danau Toba sepanjang 135 km, Atlet Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia juga memberikan contoh yang baik bagi masyarakat.
Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia juga menunjukkan bahwa mereka cinta dan peduli pada lingkungan. Selama lima hari menjelajahi lingkar dalam kawasan Danau Toba, mereka turut mengangkut sampah sebanyak tiga kantong trash bag besar.
Atlet Kayak Ekspedisi Pelajar Indonesia, Rafif Ibrahim mengatakan, tujuan mengambil sampah di sekitaran Danau Toba ini merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap kelestarian lingkungan.
“Kami turut serta dalam pelestarian Danau Toba. Karena, bagaimana pun Danau Toba adalah icon pariwisata di Sumatera Utara. Pastinya harus kita jaga, supaya kelak anak cucu kita melihat langsung keindahan dari Danau Toba ini,”ujar Rafif.
Di beberapa titik yang dilewati Tim Ekpedisi Kayak Pelajar Indonesia, menghasilkan sampah yang berbeda. Seperti di wilayah yang banyak tambak, di sana banyak limbah pelet.
Kemudian di wilayah pemukiman, banyak sampah plastik, terutama di pesisiran pantainya. Namun, menurut Rafif, untuk titik terakhir yang termasuk destinasi wisata, terjaga dari sampah.
Dari awal menjalani ekspedisi kayaking, lanjut Rafif, timnya sudah memiliki misi untuk peduli lingkungan. Sebab, hal ini sudah ditanamkan pada mereka di Sekolah SMA Negeri 28 Jakarta.
“Memang sekolah kita itu juga sekolah Adiwiyata, yakni sekolah yang peduli pada kebersihan lingkungan. Jadi sudah ditanamkan, agar kita peduli lingkungan,”terangnya.
Ia pun mengimbau agar setiap wisatawan yang datang ke Danau Toba juga turut peduli pada kebersihan lingkungan. Sebab, apabila sadar pada kebersihan lingkungan, maka sudah turut membantu perkembangan wisata di Danau Toba.
“Kita sebagai wisatawan, harus tetap menjaga kelestarian Danau Toba ini. Aku rasakan langsung bahwa Danau Toba ini punya keindahan dan pastinya harus dijaga. Baik itu wisatawan lokal, wisatawan mancanegara maupun semua masyarakat di sekitar Danau Toba,”pungkasnya. (rel)
Discussion about this post